Kebongembong - PEMBUKAAN PENYULINGAN SEREH WANGI BUMDES KEBONGEMBONG

PEMBUKAAN PENYULINGAN SEREH WANGI BUMDES KEBONGEMBONG

Bumdes Tirta Amerta desa Kebongembong Pada Sabtu ( 8 Agustus 2020 ) melaksanakan panen perdana dan penyulingan perdana unit Pengolahan Minyak sereh wangi. Dalam acara tersebut hadir berbagai mitra yaitu dari pihak Modal antara dari Pihak Pemodal , Perwakilan PT Urip mulya abadi sebagi Pelaksana Tekhnis ,Kades dan Perangkat desa, Pengurus Bumdes,BPD, Pendamping Desa dan PLD serta masyarakat petani sereh wangi di desa Kebongembong kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal. Diawali dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng acara ini cukup meriah. Pada awal sambutanya Kepala desa Kebongembong menyatakan bahwa budidaya Sereh Wangi memiliki nilai ekonomi tinggi, petani Kebongembong akan memperoleh hasil dan  pendapatan yang lumayan bagus, satu dua  kali panen sudah bisa untuk mengembalikan pinjaman dari Bumdes,  diharapkan petani bisa sejahtera.

Inovasi kerjasama Bumdes Tirta Amerta dengan Fintek (Finansial Teknologi) Modal Antara, yang bekerja sama dengan PT Urip Mulya Abadi diharapkan dapat berkelanjutan tidak hanya sebatas serehwangi, ini baru awal ini disampaikan Aden Budi dari pihak Modal antara dan diamini oleh Doni mewakili PT Urip Serta Bumdes Tirta Amerta sebagai pelaksana di lapangan. Dalam hal ini juga disinggung kersama bentuk lain seperti Penggemukan Kambing dll. 

Pada hari ini serehwangi di panen dan diolah di pabrik penyulingan milik BUMDes yang  dirikan dan  peletakan batu pertama pada awal Desember 2019, menjadi suatu produk unggulan yang bernilai ekonomi tinggi yaitu minyak sereh wangi,  Sementara itu  Direktur Bumdes Sugianto,S.Pd berharap, dengan adanya pabrik penyulingan minyak sereh wangi, kedepan bisa meningkatkan perekonomian  warga desa Kebongembong khususnya para petani. “Semoga ekonomi warga menjadi lebih baik .

Sementara pada kesempatan yang sama Ketua BPD desa Kebongembong Abdul Khamid yang sekaligus pengawas bumdes Tirta Amerta di daulat untuk memimpin  doa bersama semoga Pabrik Penyulingan Sereh wangi ini bisa berjalan lancar dan menguntungkan bagi semua pihak khusunya Kelompok Tani di desa Kebongembong. Selanjutnya acara dilanjutkan uji coba penyulingan.

 


Dipost : 10 Agustus 2020 | Dilihat : 749

Share :

s